Adsense Menu

Rabu, 14 Oktober 2009

Implementasi real-time transport protocol menggunakan teknologi Tekan untuk bicara

(bahasa inggris: push to talk) adalah teknologi yang ada di dalam telepon seluler beroperasi layaknya walkie-talkie dan berada didalam jaringan seluler. Komunikasi yang terjalin dua arah, terjadi pada waktu yang sesungguhnya, bersifat one-to-one (satu orang kepada satu orang) atau one-to many (satu orang pada banyak orang) komunikator. Komunikasinya bersifat [[half-duplex]], layaknya walkie talkie, seorang pengguna tidak dapat berbicara dan mendengar (mengirim atau menerima informasi) percakapan, apabila lawan bicaranya sedang mengirim informasi atau berbicara. Hal ini berarti kedua belah pihak tidak dapat berbicara di waktu yang bersamaan (yang satu berbicara dan yang lainnya mendengarkan). Maka dari itu, tekan untuk berbicara juga disebut radio dua arah karena beroperasi seperti radio walkie-talkie. Fitur ini tidak seperti sistem [[full-duplex]] yang ada di dalam komunikasi seluler GSM, dimana kedua pembicara atau banyak pembicara dapat berbicara secara beramaan.
Telepon seluler pada masa sekarang ini telah banyak memberikan tekonologi yang baru, satu diantaranya adalah teknologi tekan untuk berbicara. Namun di Indonesia, teknologi ini belum banyak diadaptasi. Bisa dibilang teknologi ini tidak dipakai.
Sinyal suara percakapan pengguna dikirimkan sebagai paket data melalui jaringan GPRS (IP). Sehingga IP digunakan sebagai pengangkut data atau alat yang mengangkut komunikasi ini. Karena sekarang ini sudah ada fitur 3G dan 3,5G, maka pengiriman data bisa dilakukan lebih cepat dan efisien. Alat yang digunakan dalam fitur ini adalah sebuah tombol yang dapat mengubah telepon seluler sebagai pesawat yang digunakan adalah telepon seluler yang menggunakan jaringan seluler (sehingga ruang lingkup lebih luas).
Cara kerja
Supaya teknologi ini bekerja, awalnya provider yang digunakan harus menyediakan jasa telephone conference, yaitu pembicara dapat mempunyai lawan bicara lebih dari satu orang. Cara penggunaan dari sistem ini yaitu user yang berbicara harus menekan tombol sewaktu ia hendak mengirimkan informasi kepada grup atau lawan bicarannya dan melepas tombol tersebut saat sudah selesai berbicara. Saat tombol tidak ditekan, berarti seluler tersebut berfungsi sebagai pesawat penerima informasi dari grup conference dimana ia tergabung. Pada dasarnya, tekan untuk berbicara bekerja layaknya walkie-talkie, hanya saja pesawat Cara agar grup dapat tergabung yaitu provider akan menggabungkan fitur tekan untuk bicara dengan daftar kontak yang tesrimpan pada seluler atau kartu memori pengguna.

Kelebihan dan kekurangan


Kelebihan

·Pengguna dapat berbicara dengan beberapa orang yang tergabung di dalam grupnya (orangnya dapat ditambah atau dikurangi)
·Tarif cenderung lebih murah ketimbang percakapan biasa (yang menggunakan GSM)
·Tidak perlu membeli handset baru, selama handsetnya menyupport tekan untuk berbicara
·Jaringan tekan untuk berbicara sama halnya dengan jaringan provider selular (jaringannya luas), tidak bisa dihubungi bila tidak mendapat sinyal provider
·Dapat memblokir atau mengeluarkan peserta yang tidak diterima dalam grup tersebut
·Pengguna bisa menyembunyikan nama dan status kehadiran di dalam grup tergabung

Kekurangan

·Grup atau lawan bicara diharuskan dari provider yang sama dan memiliki handset yang menyupport tekan untuk berbicara
·Kemampuan bertukar informasi (berbicara) tidak secepat GSM
·Jaringan yang digunakan adalah IP (GPRS), sehingga kualitas suaranya rendah (tidak sejernih suara pada GSM)
·Karena sistemnya half-duplex, maka sesama pengguna tidak bisa berbicara di waktu yang bersamaan (harus saling menunggu/bergantian)

IMPLEMENTASI


Push to talk



Push to talk (PTT) (layanan jaringan)
adalah layanan suara real-time melalui layanan IP yang dijalankan melalui jaringan data paket. Push to talk memberikan komunikasi suara langsung dengan menekan sebuah tombol. Gunakan push to talk untuk berkomunikasi dengan satu orang atau dengan grup tertentu.Sebelum dapat menggunakan push to talk, Anda harus menetapkan jalur akses dan pengaturan push-to-talk. Anda mungkin menerima pengaturan tersebut dalam pesan teks khusus dari operator selular yang menawarkan layanan push-to-talk. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Setting wizard untuk konfigurasi jika didukung oleh operator jaringan. Untuk informasi lebih lanjut
mengenai Setting wizard, lihat panduan yang tersedia pada halaman dukungan produk Nokia N77 di www.nokia.co.id/N77/support atau di situs web Nokia
setempat.Tekan , lalu pilih Peralatan > PTT.Dalam komunikasi push-to-talk, satu orang akan berbicara sementara yang lain mendengarkan melalui loudspeaker dalam telepon. Para pembicara akan berbicara bergantian. Karena hanya satu anggota grup yang dapat bicara pada satu waktu, lama maksimal giliran bicara dibatasi. Lama
maksimal tersebut biasanya ditetapkan hingga 30 detik. Untuk informasi lebih lanjut tentang lama giliran bicara pada jaringan Anda, hubungi operator jaringan.Menetapkan jalur akses push-to-talkBanyak operator selular meminta Anda untuk menggunakan jalur akses Internet (IAP) sebagai jalur akses standar Anda. Operator selular lainnya memperbolehkan Anda menggunakan jalur akses WAP. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi operator selular Anda.Jika Anda tidak memiliki sambungan WAP, Anda mungkin perlu meminta bantuan operator selular untuk membuat sambungan untuk pertama kali www.nokia.co.id/phonesettings.

Pengaturan push-to-talk


Tekan , lalu pilih Peralatan > PTT> Pilihan> Pengaturan.Pilih Pengaturan pengguna, lalu masukkan informasi berikut:
Panggilan PTT masuk—Pilih Beritahu jika Anda ingin melihat pemberitahuan panggilan masuk.

Pilih Terima


otomatis jika Anda ingin panggilan PTT dijawab secara
otomatis. Pilih Tidak boleh jika Anda ingin panggilan
PTT ditolak secara otomatis.
Nada tanda pgln. PTT—Pilih Diatur oleh profil jika Anda
ingin menyamakan pengaturan untuk push to talk dengan
nada tanda panggilan masuk pada profil yang aktif.
Nada permint. pgl. balik—Pilih nada untuk permintaan
panggilan balik.
Aplikasi dihidupkan—Pilih jika Anda ingin log in ke
layanan push-to-talk setiap kali perangkat dihidupkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar



 

© Copyright by Anggry Sniggy | Template by BloggerTemplates | Blog Templates at Fifa World